Shearer Ikut Mengomentari Kegagalan Inggris Di Piala Eropa

Inggris telah resmi tersingkir dari gelaran Piala Eropa 2016. Tentu saja dengan tersingkirnya The Three Lions ini menghasilkan sebuah aib bagi sepak bola Inggris sendiri. Hasilnya, banyak kritik yang datang kepada kubu Inggris usai mereka dipastikan tak lolos ke babak perempat final.

Awalnya, Inggris berada di atas angin setelah Wayne Rooney membawa mereka unggul 1-0 lewat gol penaltinya di menit ke empat. Namun, berkat kegigihan para enggawa Islandia, mereka akhirnya berhasil membalikan skor, dan memastkan Inggris tak mendapatkan satu tiket perempat final. Islandia berhasil mengalahkan inggris 2-1 yang notabene dari segi sepak bola, penduduk dan gaji pemain yang jauh lebih banyak dibandingkan Islandia.

Kekalahan ini juga meninggalkan catatan buruk laga inggris di turnamen mayor. Sejak tahun 2006, mereka bahkan tak bisa lolos dari babak knock out. Atas prestasi buruk yang menimpa negeri Ratu Elisabeth tersebut, manajer mereka, Roy Hudgson pun menyatakan mundur dari jabatan pelatih Inggris.

Sebenarnya, ketika bermain di atas lapangan, Inggris jauh lebih unggul segalanya dibandingkan Islandia. Dari catatan statistik laga, mereka bahkan bisa menguasai bola hingga 86 persen. Soal pemain, sudah pasti mereka jauh lebih unggul. Semua pemain Inggris di Piala Eropa adalah pemain dari klub anggota Liga Premier Inggris, yang notabene sebagai salah satu liga terbesar di dunia. Namun sayang, Inggris hanya tidak punya satu hal, yakni tekad dan determinasi yang tinggi. Di laga lalu, memang Islandia lebih memiliki kedua hal tersebut dibandingkan Inggris. Meski tampil hanya dengan skuad seadanya, namun Islandia mampu membuktikan bahwa mereka berhasil unggul dari tim yang jauh lebih hebat dari segi materi pemain.

Shearer Mengomentari Kegagalan Inggris

“Itu adalah permainan terburuk Inggris yang pernah saya lihat. Mereka bertarung tidak memiliki tekad yang besar seperti apa yang dimilik oleh Islandia. Pantas saja mereka kalah di laga itu, karena mereka hanya bermain mengandalkan kemampuan pemain,” kata mantan striker Inggris, Alan Shearer di BBC.

Sejak awal, Alan Shearer sudah mengkritik keras atas pemilihan pemain yang dibawa oleh Hudgson. Menurut dia, Hudgson telah melakukan banyak kesalahan, khususnya dalam pemilihan materi pemain.

“Itu adalah taktik yang menurut saya sangat fatal. Kita telah dibutakan dengan ketenaran. Hudgson telah membuktikan bahwa dia lebih memilih ketenaran dibandingkan kualitas,” sambung Shaerer.

Related Posts