Real Madrid Lebih Hemat dari Barcelona di Tiga Musim Terakhir

Marca baru-baru ini memberi laporan kalau tim juara La Liga musim lalu, Barcelona ternyata sudah menggelontorkan dana transfer 40% lebih banyak daripada seteru abadi mereka, Real Madrid dalam tiga musim belakangan ini. Sepanjang periode itu, kubu Los Blancos hanya menggunakan uang 239 juta euro atau setara Rp 3,5 triliun guna membeli pemain-pemain baru. Sementara Barca mencatatkan pengeluaran mencapai 331 juta euro (Rp 4,4 triliun).

Hal semacam ini tersingkap dari catatan yang dipublikasikan oleh Soccerex Transfer Review. Pada tahun 2009 lalu, Real Madrid memanglah terdaftar menjadi satu diantara tim yang selalu mengeluarkan dana besar guna membeli bintang-bintang baru, daripada Barca.

Saat itu, Real Madrid pernah mencatat angka 874 juta euro atau setara Rp 12,9 triliun, sedangkan Barca cuma mencatatkan 674 juta euro (Rp 9, 9 triliun). Akan tetapi, hanya dalam sebagian tahun, gerakan dua rival itu dalam bursa transfer ternyata telah berubah.

Real Madrid Hemat dari Barcelona Tiga Musim Terakhir

Hanya satu kondisi Barca tak menggelontorkan banyak dana bagi mendatangkan pemain, dalam tiga tahun paling akhir, merupakan saat mereka memperoleh hukuman dari FIFA berkaitan larangan mendaftarkan pemain baru pada 2015. Sesudah hukuman itu usai, Blaugrana kembali jor-joran merekrut pemain-pemain baru ke Camp Nou. Terbaru, dapat dilihat dari apa yang mereka lakukan dalam bursa transfer musim panas ini.

Pada periode awal musim 2016/17, Barca sudah membelanjakan 123 juta euro untuk enam pemain baru. Sementara itu, Madrid cuma menggelontorkan dana 30 juta euro guna memboyong Alvaro Morata dari Juventus kembali ke Santiago Bernabeu. Bahkan Real Madrid untuk pertama kalinya sejak tiga tahun terakhir mendapatkan surplus atau keuntungan dari aktivitas transfer. Pasalnya dana hasil melepas pemain ke tim lain, lebih dari 30 juta euro.

Menurut studi yang dilakukan Soccerex Transfer Review yang telah dipresentasikan di Kantor La Liga, Selasa (6/9), penjualan pemain dari akdemi Madrid dan Barcelona juga tidak sama pada saat ini. Madrid telah mendapatkan dana segar sebesar 34,5 juta euro dari penjualan beberapa pemain muda dari akademi mereka pada musim panas lalu, dan Barca cuma mencatatkan pemasukan 13 juta euro.

Related Posts