Prancis Justru Sial di Pertandingan Paling Penting

Tuan tempat rumah Piala Eropa 2016, Prancis melaju sampai ke babak final tanpa merasakan kekalahan di babak penyisihan grup. Sialnya, laju impresif mereka justru terhenti di pertandingan yang paling penting. Prancis melewati satu per satu pertandingan hingga akhirnya mencapai partai final di hadapan pendukung mereka sendiri pada gelaran Piala Eropa 2016 ini, dengan hampir semuanya dilalui dengan keunggulan.

Di babak penyisihan grup, Les Bleus berhasil menang 2-1 atas Rumania, kemudian menaklukkan Albania 2-0 dan sempat ditahan imbang 0-0 oleh Swiss. Hasil imbang itu hanyalah satu-satunya pertandingan yang tidak berhasil dimenangi Prancis sepanjang 90 menit waktu normal sampai dengan babak semi final.

Di babak gugur, laju Prancis semakin mulus, dengan berturut-turut mengalahkan Republik Irlandia 2-1, menghabisi Islandia 5-2, serta kemudian meyakinkan satu tempat di partai puncak usai menang meyakinkan 2-0 atas juara dunia 2014, Jerman. Semua kemenangan Prancis dicapai hanya dalam 90 menit waktu normal, dengan kata lain tanpa babak perpanjangan waktu atau adu penalti.

Prancis Sial Pertandingan Penting

Di babak final, Prancis dipertemukan dengan tim yang tidak diunggulkan dalam kejuaraan ini, Portugal. Tim ini bisa dibilang punya keberuntungan yang sangat besar. Pasalnya, Portugal hanya sekali menang dalam 90 menit normal. Mereka sangat akrab dengan babak extra time dan adu penalti di gugur. Tapi mereka berhasil meyakinkan langkah ke partai puncak.

Akan tetapi, kesialan Prancis justru datang di partai final. Tidak seperti biasanya, mereka gagal menang di 90 menit waktu normal. Meskipun Portugal tampil tidak full team sejak menit ke-25, yang minus Cristiano Ronaldo akibat cedera, namun Prancis tidak mampu memaksimalkan banyak peluang. Alhasil, Portugal dan Prancis bermain imbang 0-0 hingga pertandingan mesti berlanjut sampai extra time.

Pada akhirnya, Eder memupuskan harapan tim tuan rumah untuk berpesta di depan publik sendiri. Gol cantik Eder dari luar kotak penalti jadi mimpi buruk Prancis yang akhirnya cuma mengantarkan mereka jadi runner up. Jadilah Prancis, yang hingga final belum terkalahkan dalam lajunya, pada akhirnya mesti menelan kekalahan yang menyakitkan di momen paling penting.

Related Posts