Persaingan La Liga 2016/17 Lebih Ketat Dibanding Musim Lalu

Tiga pasukan besar La Liga, Real Madrid, Barca serta Atletico Madrid bisa disebut menjadi penguasa dalam beberapa musim terakhir. Hal semacam itu tentu bukan tanpa sebab, pasalnya dalam lima musim terakhir, baik Madrid, Barca maupun Atletico, saling bergantian menjadi juara di La Liga. Akan tetapi, anggapan itu mungkin saja bakal terpatahkan di musim ini. Hingga jornada kesembilan, sudah ada empat tim yang secara bergantian berada di puncak klasemen.

Pada akhir pekan lalu, dapat dilihat bagaimana La Liga 2016/17 ini berjalan sangat ketat. Barcelona menjadi yang pertama pada pekan kesembilan ini, yang sempat menjadi pemuncak klasemen, setelah mengalahkan Valencia di Estadio Mestalla dengan skor 2-3. Brace yang dibuat Lionel Messi serta gol Luis Suarez, hanya bisa dibalas dua gol oleh tim tuan rumah.

Walau demikian, status pemuncak klasemen itu hanya berlaku satu hari. Pertarungan sengit antara Sevilla vs Atletico Madrid kembali mengubah posisi tim-tim papan atas. Pertandingan tersebut berkesudahan dengan keunggulan 1-0 untuk Sevilla, yang bermain di depan pendukung sendiri. Gol keunggulan Sevilla di ciptakan oleh Steven Nzonzi. Dengan tiga angka tambahan, Sevilla akhirnya menggeser Barca bagi posisi puncak klasemen sementara.

Persaingan La Liga 2016/17 Lebih Ketat

Walau demikian, rupanya keinginan Sevilla untuk dapat mengakhiri jornada kesembilan dengan status pemuncak klasemen langsung kandas. Hanya berselang beberapa jam, Real Madrid berhasil mengalahkan Athletic Bilbao 2-1. Real Madrid pun akhirnya kembali merebut tahta klasemen La Liga dari Sevilla, serta mengakhiri jornada kesembilan dengan raihan yang sempurna. Sementara itu Atletico Madrid malah terdepak dari posisi empat besar, karena kekalahan atas Sevilla membuat mereka melorot ke urutan lima klasemen.

Turunnya Atletico Madrid ke keluar empat besar La Liga, disebabkan oleh hasil baik yang didapat Villarreal atas Las Palmas. Dalam pertarungan yang dilangsungkan berdekatan dengan laga antara Real Madrid vs Athletic Bilbao ini, Tim Kapal Selam Kuning berhasil mengalahkan Las Palmas 2-1. Mereka pun unggul satu angka dari Atletico Madrid di kedudukan lima dengan raihan 18 angka dari sembilan laga. Ketatnya kompetisi La Liga musim ini memang begitu terlihat. Beberapa fans La Liga kelihatannya juga menginginkan agar kompetisi ini tetaplah berlangsung hingga selesai musim nanti.

Hal ini mengubah anggapan para penggemar sepakbola, yang selama ini menyebut Premier League adalah tim paling kompetitif. Pasalnya, ada banyak tim yang berpeluang untuk menjadi juara di setiap musimnya. Namun kali ini, di La Liga pun berlangsung hal yang sama. Bahkan tim kejutan seperti Las Palmas, sempat memuncaki klasemen pada beberapa pekan pertama.

Related Posts