Balada 20 Tahun Perjalanan Arsene Wenger Bersama Arsenal

Sudah 20 tahun berlalu sejak Arsene Wenger pertama kali datang dan mengatasi tim London Utara, Arsenal. Beragam peristiwa indah dan mengecewakan saling berganti dialami manajer asal Prancis itu. Banyak pihak yang menyangsikan Wenger pada saat pertama kali ditunjuk menjadi pelatih The Gunners pada 1 Oktober 1996 silam. Terlebih, penunjukkan Wenger awalannya juga tidak memperoleh support dari Dewan tim.

Pada saat itu cuma Wakil Presiden Arsenal, David Dein, yang ngotot memperjuangkan Arsene Wenger untuk jadi pelatih. Terlebih Wenger saat itu dikenal sebagai sosok antagonis di kelompok pemain Arsenal lantaran beberapa peraturan ketatnya. Akan tetapi, pandangan negatif terhadap The Professor perlahan-lahan memudar bersamaan kejeniusan taktik serta prestasi yang dipersembahkannya. Terutama saat ia berhasil mempersembahkan gelar juara Premier League pada musim 1997-1998.

Sepanjang 20 tahun kariernya di London Utara, Wenger secara keseluruhan telah melakoni 1129 laga. Dia mengusung Arsenal menang 647 kali, 263 meraih hasil seri dan hanya 219 kali kalah. Prosentase kemenangannya bersama Tim Meriam London meraih 57,3%. Keseluruhan, 15 trofi telah sukses dipersembahkan Arsene Wenger persembahkan sepanjang 20 tahun kariernya itu.

perjalanan arsene wenger arsenal

Tiga gelar Premier League, enam kali juara Piala FA dan enam kali mengangkat trofi FA Community Shield, menjadi cerita manis Wenger bersama Arsenal. Tapi meskipuin telah memimpin Arsenal sepanjang seribu pertandingan lebih, terdapat banyak partai yang tidak dapat dilupakan wenger, bahkan juga sampai membuatnya susah tidur. Termasuk saat tim besutannya dihajar MU 8-2 di Old Trafford.

Saat itu MU di bawah tangan dingin Sir Alex Ferguson sangat perkasa. Wayne Rooney jadi bintang dengan membuat hattrick, Ashley Young membuat brace, ditambah masing-masing satu gol oleh Danny Welbeck, Luis Nani dan Park Ji Sung. Arsenal hanya bisa membalas dua gol lewat Theo Walcott dan Robin van Persie.

Saat ini, Wenger telah 20 tahun membesut Arsenal serta belum ada tanda baginya untuk berhenti melatih The Gunners. Manajer berumur 66 tahun itu pastinya bakal alami beragam peristiwa indah dan mengecewakan lagi di musim 2016/17 ini.

Related Posts