Mourino Disarankan Pakai 4-3-3 untuk Mengoptimalkan Pogba

Eks pemain tengah Tottenham Hotspur yang saat ini bekerja menjadi pengamat sepakbola, Jermaine Jenas, mengatakan Manchester United mesti berlaga dengan formasi 4-3-3 guna mengoptimalkan potensi Paul Pogba di sektor tengah. Manchester United sejauih ini lebih mengandalkan skema 4-2-3-1, termasuk pada saat menghadapi Manchester City, Sabtu (10/9). Pogba diplot menjadi pemain tengah jangkar berbarengan Marouane Fellaini.

Paul Pogba terlihat canggung memainkan peran itu. Gelandang asal Prancis itu kerapkali meninggalkan posisinya hingga Fellaini seperti bekerja sendirian. Beberapa pemain tengah City, seperti David Silva, Kevin De Bruyne serta Nolito pun mempunyai ruangan yang lebih bebas serta dengan gampang membongkar lini belakang United. Alhasil, Pogba banyak memperoleh kritikan usai laga tersebut.

“Pogba tidak bisa dimainkan sebagai playmaker. Yang pertama, dia tak harus dimainkan pada kedudukan tersebut, lantaran United telah mempunyai Wayne Rooney, Henrikh Mkhitaryan ataupun Juan Matta, yang dapat bermain di kedudukan itu,” kata Jenas. “Pogba mesti dimainkan di depan gelandang bertahan dalam skema 4-3-3. Pogba dapat dimainkan dalam skema itu berbarengan Morgan Schneiderlin, Ander Herrera serta Michael Carrick,” tambahnya.

mourino disarankan 4-3-3-untuk pogba

Sepanjang laga kontra City akhir pekan lalu, penampilan Pogba memang tidak mentereng. Jebolan akademi MU itu cuma melepas satu tendangan dan 10 umpan dengan tingkat akurasi 78%. Seperti dicatat Whoscored.

Bila Jose Mourinho masih menggunakan 4-2-3-1, pembelian Pogba yang mahal itu bakal sia-sia, lantaran kedudukan Pogba yang biasanya telah dihuni oleh pemain lain,” katanya. “Sudah pasti United tak memboyong Pogba cuma untuk dicadangkan saja,” papar Jenas.

Paul Pogba sempat jadi pusat pembicaraan publik dunia pada bursa transfer periode ini. Pemain yang berumur 23 tahun diboyong jadi pemain termahal di dunia dengan mahar 89,2 poundsterling atau setara 1,5 miliar. Manchester United membelinya dari Juventus, yang pernah merekrut Pogba secara gratis pada tahun 2012 lalu. Selama ini, Paul Pogba baru tiga kali membela MU di Premier League 2016/17. Paul Pogba memulai laga debut keduanya berbarengan MU saat menghadapi Southampton di Old Trafford, (19/8).

Related Posts