Gelar Juara La Liga 2016/17 Lebih Berpihak pada Real Madrid

Media Spanyol, Marca, menyebutkan kalau peluang Barcelona untuk kembali menjuarai La Liga 2016/17 akan semakin tipis. Sebab, jika dilihat dari sejarah, Real Madrid lebih berpeluang besar untuk mengalahkan Barca dalam perebutan gelar juara. Bukti tersebut terbaca usai keduanya bermain imbang 1-1 dalam laga El Clasico jilid pertama di Camp Nou, Sabtu (3/12) malam WIB.

Pada laga tersebut, Barca sebenarnya berpeluang menggondol tiga angka. Luis Suarez sukses menjebol gawang Keylor Navas di menti ke-53 lewat sundulannya. Akan tetapi, di detik-detik akhir waktu normal, Barcelona gagal mempertahankan keuggulan setelah Sergio Ramos membuat gol dengan sundulannya di menit ke-90.

Akibat hanya mendapat hasil imbang, La Blaugrana masih tertahan di peringkat dua klasemen, di bawah Real Madrid. Barca masih berjarak enam angka dari Los Blancos yang semakin kukuh di posisi teratas. Fakta ini pun hampir sama dengan apa yang terjadi di musim 1991/92 silam, yang mana sejak setelah musim itu Barca belum pernah lagi menjuarai La Liga, apabila sudah tertinggal enam angka dari Real Madrid.

Pada musim 1991/92 silam, Barca yang kala itu masih ditangani oleh Johan Cruyff bahkan sudah tertinggal delapan angka dari Madrid di jornada ke-14. Akan tetapi Real Madrid yang dilatih oleh Radomir Antic akhirnya gagal keluar sebagai juara di akhir musim. Barca memenangkan gelar juara liga dengan selisih satu poin dari Los Blancos.

La Liga Berpihak Real Madrid

Sebelum musim tersebut, Barca juga sudah dua kali berhasil mengalahkan Madrid, masing-masing di musim 1956/1960 dan 1928/1929. Pada dua musim itu, Barca juga berhasil menjuarai kompetisi meski sudah ketinggalan enam angka terlebih dahulu dari Real Madrid sampai pertandingan ke-14. Blaugrana pernah ada dalam posisi yang sama di musim 2006/07 silam. Akan tetapi, mereka gagal menghentikan laju Madrid untuk menjadi juara La Liga.

Satu hal yang perlu menjadi peratian khusus bagi Barcelona. Catatan tersebut hanya berlaku apabila pemimpin klasemen La Liga adalah Real Madrid. Selain tim ibukota Spanyol itu, Barca selalu bisa mengatasi permasalahan tersebut. Seperti saat tertinggal dari Real Mallorca di musim 1998/99 misalnya.

Related Posts