Klopp Tidak Menjamin Posisi Kiper Utama di Liverpool

Jurgen Klopp menyebutkan kalau tidak ada jaminan untuk area uama di kedudukan penjaga gawang Liverpool pada musim ini. Manajer yang membesut The Reds mulai sejak tahun 2015 ini menerangkan tentang argumen yang ia gunakan untuk memilih kiper. Tentunya berdasar pada persyaratan yang sudah ia tentukan.

Pada saat ini The Reds mempunyai tiga kiper untuk mengarungi musim 2016/17. Mereka merupakan Simon Mignolet, Loris Karius dan Alexander Manninger. Mignolet serta Karius seringkali jadi alternatif kunci untuk Klopp untuk kedudukan starter. Mignolet jadi pilihan kunci pelatih asal Jerman itu dalam enam laga yang dijalani Liverpool di seluruh kompetisi awal musim ini.

Sejauh ini, kiper asal Belgia itu hanya dua kali tidak berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan pada saat bertemu Burnley serta Burton Albion. Klopp diindikasikan tidak begitu senang dengan penampilan yang diperlihatkan penjaga gawang asal Belgia itu. Pulihnya Loris Karius dari cedera pada laga pramusim membuat perebutan posisi kiper utama kembali panas.

klopp kiper utama liverpool

“Tak ada kedudukan nomer satu hingga tak ada langkah mutlak mengenai hal itu. Ini hanya mengenai penampilan saja, perbaikan, serta pertunjukan seberapa banyak peran Anda bagi tim, ” kata Klopp. “Anda memerlukan pelatih yang bisa tingkatkan rasa yakin diri. Tekanan pada pemain telah cukup besar hingga saya tak harus membuatnya lagi. Saya tidak menginginkan menyebabkan adanya persaingan pada dua penjaga gawang itu. Mereka masing-masing membutuhkan rasa aman,” kata Jurgen Klopp.

Musim lalu posisi kiper utama Liverpool dipegang oleh Simon Mignolet, baik saat masih ditangani Brendan Rodgers ataupun bersama Jurgen Klopp. Namun inkonsistensi penampilan Mignolet sering menuai kritik. Terkadang ia tampil sangat baik, namun terkadang penampilannya sangat menurun. Hal itu pula yang membuatnya kalah bersaing dengan Thibaut Courtois dari Chelsea, untuk menjadi pilihan utama di timnas Belgia.

Di musim ini, penampilan Liverpool beranjak membaik. Maka dibutuhkan pula kiper dengan penampilan yang konsisten hingga akhir musim. Kemungkinan besar, perebutan tempat itu masih akan didominasi Mignolet dan Karius, sementara Manninger hanya jadi pilihan ketiga.

Related Posts