Kiper Swiss Sukses Bikin Pemain Prancis Frustasi

Tim tuan rumah Piala Eropa 2016, Prancis, tidak berhasil menyapu bersih seluruh laga di babak penyisihan grup, usai hanya mampu bermain imbang kontra Swiss. Hasil ini tidak terlepas dari kegemilangan aksi penjaga gawang Swiss, Yann Sommer, di bawah mistar gawang.

Prancis pada dasarnya tidak lagi membutuhkan poin pada saat hadapi Swiss di Stade Pierre Mauroy, Senin (20/6) dinihari WIB. Meski kalah, Les Blues telah meyakinkan satu tempat di babak 16 belas besar serta cuma butuh satu angka untuk menjadi juara grup A. Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps juga cuma lakukan sebagian pergantian saja dalam susunan skuadnya.

Akan tetapi, masih teradapat nama-nama seperti Paul Pogba, Kingsley Coman serta Antoine Griezmann yang menjadi starter. Sejak awal, Prancis bisa bermain cukup baik, walau kalah penguasaan bola dari Swiss, yaitu 42%-52%. Les Bleus membuat 14 attempts dengan empat diantaranya yang tepat sasaran. Sedangkan Swiss hanya membuat enam upaya serta tidak ada yang on target.

Kiper Swiss Bikin Prancis Frustasi

Akan tetapi usaha Prancis untuk menjebol gawang Swiss selalu dimentahkan oleh sang penjaga gawang. Sommer bermain fantastis mengawal gawang Swiss. Tercatat Sommer melakukan empat penyelamatan penting, yang mana dua diantaranya merupakan peluang yang dibuat oleh Pogba dan Dimitri Payet. Tidak hanya itu, Sommer juga sigap membaca arah bola di dalam kotak penalti Swiss.

Pada akhirnya, sampai 90 menit tidak satupun gol yang bisa menjebol gawangnya serta Sommer menjadi Man of The Match di laga tersebut. ” Kami senang sekali dengan hasil ini, karena bagi Swiss, dapat menembus fase 16 besar kejuaraan seperti ini adalah hal yang luar biasa. Kami memang layak lolos dari grup karena permainan kami cukup baik hari ini. Ditambah lagi kami punya keberuntungan, ” tutur Sommer.

Swiss menemani Prancis melenggang ke fase knock out, serta tinggal menanti siapa lawan yang akan jadi lawan mereka, yakni dari grup C. Masih ada tiga tim yang berpeluang akan dihadapi Swiss, yakni Jerman, Irlandia Utara dan Polandia.

Related Posts