Islandia Tebar Ancaman pada Inggris Soal Potensi Adu Penalti

Timnas Inggris dibayang-bayangi catatan buruk saat adu penalti di sebuah partai besar. Kubu Islandia pun tahu benar tentang hal itu serta menuai ancaman kepada The Three Liones mendekati laga kedua tim di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Menurut catatan, Inggris telah enam kali kalah dari tujuh adu penalti yang mereka lakoni di ajang besar mulai tahun 1990.

Catatan buruk itu pun membuat adu penalti seperti menjadi kutukan bagi The Three Lions. Di Piala Eropa 2016 Prancis saat ini, Inggris telah memastikan diri menembus babak gugur. Peluang adu penalti pun terbuka bagi skuad besutan Roy Hodgson itu. Terlebih laju Inggris di babak grup sejauh ini juga kurang mengesankan. Wayne Rooney dkk finis di posisi kedua grup di bawah Wales dengan 3 gol serta kebobolan 2 gol.

Islandia yang bakal menjadi lawan Inggris di 16 besar, sebenarnya juga memperoleh poin yang sama. Tim debutan Piala Eropa ini menuai satu kemenangan dan dua hasil imbang. Meski berstatus sebagai negara paling kecil di kejuaraan ini, Islandia telah menunjukkan kengototan mereka di lini belakang yang sukses menahan Portugal serta Hongaria. Bahkan mereka sukses mengandaskan Austria di babak grup dengan skor 2-1 lewat gol dramatis di menit masa injury time.

Islandia Tebar Ancaman pada Inggris Soal Potensi Adu Penalti

Beberapa hal itu membuat kemungkinan terjaidnya ada adu penalti dalam partai kontra Inggris di Allianz Riviera pada 27 Juni yang akan datang semakin terbuka lebar. Islandia bukan hanya telah siap untuk bertanding habis-habisan, tetapi juga mereka menebar ancaman bagi timnas Inggris.

“Belum, kami belum persiapkan untuk adu penalti. Namun hal itu mungkin saja terjadi dan kami bakal selekasnya berlatih,” kata salah satu pelatih timnas Islandia, Heimir Hallgrimsson. “Saya telah memperoleh pertanyaan tentang potensi penalti. Inggris selalu terobsesi dengan adu tendangan penalti.”

“Pernah ada seseorang pria asal Inggris bertanya ke saya, ‘bagaimana tingkat keberhasilan penalti kalian (Islandia)?’. Saya pun mengingat-ingat, dan kelihatannya kami senantiasa sukses menceploskan gol setiap kali mendapat tendangan penalti. Kami bisa membuat gol dari titik putih. Untuk itu waspadalah Inggris,” tandas Hallgrimsson.

Related Posts