Head-to-head Tiga Laga Terakhir Kroasia vs Portugal

Jelang laga 16 besar Piala Eroap 2016 antara Kroasia vs Portugal, ternyata Kroasia mempunyai catatan buruk saat berjumpa Portugal. Dalam tiga pertemuan terakhir, Kroasia belum pernah meraih kemenangan atas A Seleccao. Hal ini pun menjadi salah satu pertimbangan untuk laga perdelapan final Minggu (26/6) dinihari nanti.

Kroasia sendiri melenggang ke fase 16 besar Piala Eropa 2016 usai menjadi juara grup D. Mereka berhasil menaklukkan Spanyol di laga terakhir penyisihan grup, dan mengantarkan mereka memuncaki grup D. Sementara La Furia Roja mesti puas finis di posisi runner up. Sementara Portugal justru harus melewati jalan yang lebih terjal untuk maju ke fase ini.

Portugal menjadi salah satu rangking ketiga terbaik dari enam grup Piala Eropa 2016 untuk dapat memastikan satu tempat di fase 16 besar. Portugal belum pernah menang sekalipun di babak grup, dengan tiga hasil imbang atas Islandia, Austria dan Hongaria. Jika menilik penampilan di kejuaraan ini saja, Kroasia di atas kertas lebih unggul.

Head-to-head Tiga Laga Terakhir Kroasia vs Portugal

Namun demikian, kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, masih yakin kalau Portugal dapat memperbaiki performa mereka di babak gugur nanti. “Memang hanya sebagian tim saja yang dapat meraih kemenangan atas Spanyol, namun kami paham betul mengenai kekuatan kami. Untuk itu, kami sangat siap untuk melawan Kroasia,” tegas Ronaldo.

Dari segi rekor pertemuan, Portugal masih lebih unggul dari KRoasia. Dalam tiga pertemuan terakhir saja misalnya, Portugal senantiasa dapat meraih hasil penuh atas Kroasia. Pada Piala Eropa 1996 silam, Portugal tergabung dalam grup yang sama dengan Kroasia, yaitu grup D. Pada partai terakhir di babak grup, Portugal menang telak 3-0 melalui gol Luis Figo, Joao Pinto serta Domingos Paciencia.

Pada 13 November 2005, di sebuah laga uji coba yang dihelat di Portugal, A Seleccao kembali menuai kemenangan. Di laga tersebut, Portugal berhasil menang lewat lesakkan gol Armando Petit serta Pedro Pauleta (2-0). Sementara pertemuan terakhir kedua tim adalah dalam sebuah partai persahabatan di Swiss 11 Juni 2013 lalu. Portugal menang 1-0 atas Kroasia dengan Ronaldo sebagai pahlawan kemenangan.

Related Posts