Gundogan Mengakui Prmeier League Sebagia Liga Terbaik di Dunia

Pemain tengah Manchester City, Ilkay Gundogan, menyebutkan Premier League merupakan kompetisi liga paling baik di dunia. Sebab menurut mantan pemain Borussia Dortmund itu, ada lima sampai enam tim yang berpotensi memperebutkan titel juara liga. Premier League memang telah lama disebut-sebut sebagai liga paling ketat di dunia. Hampir tiap tim mempunyai kans untuk menang, serta merengkuh gelar juara.

Hal itulah yang musim lalu dibuktikan oleh Leicester City. Tim berjuluk The Foxes yang berstatus menjadi papan tengah di musim 2014/15 berhasil menyudahi musim 2015-2016 dengan menjadi juara Premier League, dan mengumpulkan 81 angka. Mereka unggul jauh dari bebrapa tim papan atas seperti Arsenal di urutan runner up (71 angka), serta Manchester City dan Manchester United di kedudukan empat dan lima dengan perolehan nilai 66.

Dalam sepuluh tahun terakhir, ada empat tim berbeda yang telah sukses menyabet trofi Premier League. MU mengumpulkan gelar paling banyak dengan menyabet lima gelar. Disusul Manchester City dan Chelsea yang sama-sama memperoleh dua gelar juara, serta Leicester City dengan satu gelar pada musim lalu.

gundogan prmeier league liga terbaik dunia

Tidak sama seperti yang berlangsung pada kompetisi top lain di Eropa. La Liga, Serie A, Ligue 1, dan Bundesliga bisa jadi contoh. La Liga dalam sepuluh tahun terakhir didominasi Barca dan Real Madrid, Sementara Serie A dikuasai Juventus dengan meraih lima titel secara beruntun. Sedangkan titel juara Ligue 1 dan Bundesliga sering dicapai oleh Olympique Lyon, Paris Saint-Germain, Bayern Munich, dan Borussia Dortmund.

“Saya meyakini betul bila Premier League merupakan kompetisi paling kuat di Eropa bahkan di dunia. Ada lima sampai enam tim yang berpeluang menjadi juara liga, serta pada musim lalu Leicester City berhasil membuktikan diri sebagai juara,” tutur Gundogan.

Pada musim ini, Manchester City kembali memerlihatkan taringnya. The Citizens di bawah asuhan manajer anyar, Pep Guardiola, masih nyaman duduk di puncak klasemen sementara Premier League 2016/17 dengan perolehan 18 angka, sampai pekan ketujuh. Mereka unggul satu angka atas Tottenham Hotspur di posisi kedua dan dua angka atas Arsenal serta Liverpool, berurutan di rangking tiga dan empat.

Related Posts