Genap Dua Tahun Kebersamaan Trio MSN di Barcelona

Trisula maut penyerang Barcelona, Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar, atau yang biasa disebut Trio MSN, genap dua tahun berkarier bersama di Camp Nou. Telah banyak gol-gol yang mereka buat, serta trofi telah mereka persembahkan bagi La Blaugrana. Messi adalah pemain paling senior dalam trisula itu, di mana ia telah memperkuat tim senior Barca sejak tahun 2004. Akan tetapi, ketiganya baru bergabung pada tahun 2014 lalu.

Ketiganya pertama kali menjalani debut mereka sebagai Trio MSN pada 25 Oktober 2014. Pada saat itu Barca menghadapi Real Madrid di Santiago Bernabeu. Luis Suarez baru saja menjalani hukuman larangan bertanding selama empat bulan, usai menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini di ajang Piala Dunia 2014. Meskipun saat itu Barcelona kalah 1-3 dari Real Madrid, namun Trio MSN sukses mengusung timnya merengkuh tiga gelar juara alias treble winners di akhir musim. Kehebatan mereka pun terus berlanjut hingga musim ini.

Menurut catatan Opta, selama dua tahun bersama, Trio MSN telah menceploskan sejumlah 264 gol, terhitung sejak 25 Oktober 2014. Jika dihitung, total 71,9 persen jumlah keseluruhan gol Barca diciptakan oleh Trio MSN, sejak debut mereka. Di mana Barcelona menceploskan total 367 gol selama periode. Bahkan pencapaian ‘hanya’ tiga pemain ini hampir menyaingi torehan gol sebuah tim dalam periode yang sama, yakni Real Madrid (296 gol) dan Paris Saint-Germain (270 gol).

Messi, Suarez dan Neymar mengalahkan total gol raksasa Jerman, Bayern Munich, yang hanya menceploskan keseluruhan 248 gol dalam dua tahun terakhir. Sementara di ajang La Liga, 147 gol telah tercipta lewat kaki ketiga pemain Amerika Latin itu dengan total 47,4 persen dari keseluruhan gol Barcelona. Selama ini MSN telah 75 kali dimainkan sebagai starter di seluruh pertandingan. Hasilnya cukup positif bagi Barca, yang mana setiap kali MSN menjadi starter, mereka hanya delapan kali kalah dari 75 pertandingan di seluruh kompetisi.

Dua Tahun Trio MSN di Barcelona

Banyak yang beranggapan Barcelona telah ketergantungan terhadap Trio MSN. Tapi jika dilihat dari prosentasenya, rasio kemenangan Barca jika MSN menjadi starter memang lebih besar, yakni 81,3 persen, berbanding 74 persen jika ketiga pemain itu tidak jadi starter.

Peran Messi, Suarez dan Neymar, bukan hanya menceploskan gol, tapi membuat Assist. Ketiganya membuat 129 assist dari total 217 assist yang dibuat La Blaugrana dalam dua musim. Jadi jumlah gol dan assist dijumlahkan, Trio MSN berkontribusi sebanyak 76 persen dari keseluruhan gol Los Cules di La Liga dua musim terakhir. Fantastis!

Related Posts