Dilema Laga Final Untuk Tiga Penggawa Portugal

Laga final antara Portugal melawan Prancis menjadi laga yang spesial bagi tiga pemain Portugal, yakni Raphael Guerrero, Adrien Silva dan Anthony Lopes. Ketiganya memang memiliki kenangan tersendiri dengan negara Prancis.

Ketiga pemain yang dibawa Fernando Santos ke Piala Eropa 2016 di Prancis itu, memang sudah sangat familiar dengan Prancis, yang memang merupakan tanah kelahirannya. Selain itu, bagi Guererro dan Lopes, Prancis ialah merupakan separuh jalan karir mereka untuk menjadi pesepak bola profesional. Keduanya bahkan banyak menghabiskan karir mereka di Liga Prancis.

Guererro merupakan pemain yang memperkuat Brussia Dortmund merupakan salah satu pemain  jebolan akademi timnas Prancis di Ceirefontaine bahkan sempat menjadi rekan setim Paul Pogba.

Sebelum di transfer ke Dormtund, guererro bahkan sempat bermain di Lorient. Di klub tersebut, dia banyak belajar untuk menjadi seorang bek kiri, dan akhirnya kini dia bisa menjadi bek kiri andalan Portugal. Untuk level timnas, Guererro pun memutuskan untuk memperkuat timnas Portugal dan meningglkan negara tempat kelahirannya.

“Saya memilih Portugal karena memang saya ingin membela Portugal. Itu bukan karena pengaruh keluarga, orang tua dan juga agen saya,” kata Guererro seperti yang dikutip oleh AFP.

Dilema Tiga Penggawa Portugal

Di sisi lain, Silva yang memilik ayah seorang Portugal dan ibu seorang Prancis juga lahir di Prancis dan sempat belajar sepak bola di sebuah akademi sepak bola sebuah klub Prancis. Usut punya usut, gelandang yang kini berusia 27 tahun ini merupakan mantan rekan setim Mathieu Valbuena, yang memang tidak tampil memperkuat Prancis di Piala Eropa tahun ini.

”Ayah saya dan ayah Valbuena merupakan rekan di sebuah klub. Kakak saya dan kaka valbuena juga begitu dan akhirnya saya dan Valbuena juga bermain di klub yang sama,” kata Silva.

Meski Prancis merupakan tempat kelahiran dan tempat menimba ilmu sepak bola, namun Silva tak dapat menyembunyikan bahwa dia memang seorang Portugal. Akhirnya dia pun memilih Portugal untuk menjadi negaranya dan bermain untuk membawa Portugal menjuarai segala kejuaraan sepak bola.

Sementara Anthony Lopes, yang merupakan kiper utama Olyimpique Lyon, memang tidak terlalu populer di timnas Portugal. Namun di Prancis, khususnya di kota Lyon, Lopes merupakan idola. Sejak ditinggalkan oleh Hugo Lloris, ke Tottenham Hotspurs, Lopes kini menjadi palang pintu utama pertahanan Lyon.

Related Posts