Aturan Baru di Piala Eropa 2016, Untungkan Tim Kecil

Pelatih timnas Irlandia Utara, Michael O’Neill, baru-baru ini menyebutkan kalau aturan baru yang digunakan pada Piala Eropa 2016 ini sedikit banyak memberi keuntungan untuk tim-tim kecil. Hal itu pula yang pada akhirnya mengantarkan tim debutan yang dibawanya, Irlandia Utara, maju ke babak 16 besar untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Irlandia Utara melalui fase penyisihan grup dengan cukup sulit. Mujur bagi tim besutan O’Neill, lantaran mereka masih bisa mendapat 1 kemenangan, meski dua kali menelan kekalahan. Mereka pada akhirnya finis di posisi tiga grup C dengan 3 poin. Irlandia Utara pun ditetapkan lolos ke babak 16 besar lewat jalur rangking tiga terbaik.

Awalnya, Irlandia Utara sempat dibuat harap-harap cemas. Tiket 16 besar mereka bisa terancam jika saja Republik Ceko berhasil mengalahkan Turki. Namun, kenyataan berkata lain. Turki berhasil menang dan membuat Irlandia Utara aman di 16 besara. Adapun tim lain yang juga maju ke 16 besar melalui rangking ketiga paling baik adalah Slovakia. Kedua tim tersebut adalah sama-sama debutan di kejuaraan ini.

Aturan Piala Eropa 2016, Untungkan Tim Kecil

Keduanya mengambil untung dari aturan baru yang ditetapkan pada Piala Eropa 2016, yang tak cuma melepaskan juara serta runner-up grup, namun juga memberi jatah pada empat pasukan rangking ketiga terbaik. Kondisi itu tidak dipungkiri oleh O’Neill. “Aturan baru di kejuaraan ini memanglah membuat tim kecil memperoleh peluang untuk lolos. Kami berhak sampai di titik ini. Kami mendapatkan satu tiket lolos ke fase 16 besar,” tutur O’Neill.

O’Neill sekaligus membela gaya bermain defensif timnya saat takluk 0-1 dari Jerman. Menurut sang pelatih, bila tim seperti Irlandia Utara melakoni permainan terbuka menghadapi tim sebesar Jerman, itu sama saja dengan bunuh diri. Kata O’Neill ia tidak ingin melihat timnya dihabisi 0-7 oleh Jerman.

“Tugas saya adalah tidak membiarkan tim besutan Joachim Low untuk memenangkan laga dengan menghajar kami 0-7. Hal itu tentu saja bukan hal yang akan disukai oleh para pemain saya. Begitu pula dengan saya yang tidak ingin melihat hal itu.”

Related Posts