Ini Alasan Jose Mourinho Mainkan Skuad Utama di Piala Liga Inggris

Manchester United berhasil mendepak Manchester City di fase 16 besar Piala Liga Inggris, Kamis (27/10) dinihari WIB. Di pertarungan itu, Jose Mourinho memainkan sebagian besar pemain intinya. Di luar itu, keberhasilan United mengalahkan City, juga karena pasukan garapan Pep Guardiola sedang dalam tren yang jelek dalam lima laga terakhir.

Jose Mourinho mengakui bila ia belum bisa move on atas kegagalan 4-0 yang di terima MU dari Chelsea. Kekalahan terbesar yang pernah ia terima di Premier League itu senantiasa menghantuinya, bahkan membuatnya tertekan dalam beberapa hari belakangan sampai ia tidak keluar dari penginapannya di Manchester. Desakan yang besar itulah yang yang selanjutnya membuat Jose Mourinho mengambil langkah memainkan para pemain utama pada saat menghadapi Manchester City.

Di sisi lain, City tak menurunkan skuad paling baik mereka. Sebagian pemain utama seperti John Stones, Kevin de Bruyne serta Sergio Aguero disimpan oleh Pep Guardiola. Malah dua pemain muda, Aleix Garcia serta Pablo Maffeo yang diberikan kesempatan untuk menjadi starter. “Saya menurunkan skuad utama untuk meminta maaf saya pada semua pendukung MU yang sudah menyaksikan kegagalan kami pada saat melawan Chelsea,” papar Jose Mourinho.

Alasan Mourinho Mainkan Skuad Utama

“Pada saat saya tergabung dalam sebuah tim, saya juga memikirkan para fans. Saya salut pada fans yang selalu memberi support walaupun tim dalam keadaan kalah. Kami senantiasa berupaya berikan yang terbaik pada mereka. Saya mengharapkan para pemain juga lakukan hal yang sama,” paparnya.

Pada pertemuan kontra City, Manchester United menang 1-0 lewat gol satu-satunya yang di buat Juan Mata. Hasil ini ikut mengantarkan mereka melangkah ke babak semi final Piala Liga Inggris. Mereka ditunggu West Ham United, yang di pertarungan lain berhasil mengalahkan The Blues dengan angka 2-1. “Kami harus berikan hal yang baik, apapun hasilnya, karena kami mungkin juga bisa kalah di pertandingan itu. Namun saya pun merasakan apa yang dirasakan pemain. Mereka berlaga semaksimal mungkin di kompetisi yang sulit.”

“Saya kira mereka juga memiliki hak untuk mendapatkannya. Mereka benar-benar mempedulikan fans mereka,” tandas Mourinho. Akan tetapi menilik City serta United yang memainkan komposisi pemain yang tidak sama, hal semacam ini pasti menyebabkan pertanyaan; seberapa penting Piala Liga Inggris bagi kesebelasan di Premier League? Yang jelas, ajang ini lebih sering dijadikan kesempatan bermain untuk para pemain muda atau pemain cadangan sebuah tim.

Related Posts