Drama Adu Penalti Warnai Langkah Portugal ke Semi Final

Portugal memastikan satu tempat di ke fase semi final Piala Eropa 2016 setelah menaklukkan Polandia melalui drama adu penalti dengan skor akhir 5-3. Pada laga yang dihelat di Stade Velodrome, Jumat (1/7) dinihari WIB, Polandia dan Portugal bermain imbang 1-1 yang bertahan hingga dua babak perpanjangan waktu.

Laga mesti dilanjutkan dengan adu penalti yang akhirnya berhasil dimenangi oleh Portugal. Sepanjang pertandingan, Portugal berhasil melepaskan 21 attemps dengan enam yang on target. Sedangkan Polandia hanya bisa melakukan 14 kali percobaan dengan lima on target.

Polandia membuka peluang di menit ke-2 setelah kick off. Cedric Soares lakukan kekeliruan di sisi kanan sehingga bola dapat dikuasai oleh Kamil Grosicki, yang kemudian mengirim umpan ke kotak penalti. Lewandowski yang telah menanti di kotak penalti langsung melepas tendangan mendatar yang tidak berhasil diantisipasi oleh penjaga gawang Portugal, Rui Patricio. Skor 1-0 untuk Polandia.

Ronaldo menuai ancaman memasuki menit ke-28. CR7 menendang dari jarak jauh, tapi masih dapat ditangkap dengan cekatan oleh Lukasz Fabianski. Berselang lima menit dari peluang Ronaldo, Renato Sanches akhirnya membuka kran gol bagi Portugal. Melanjutkan umpan Nani, Sanches mengecoh bek Polandia, kemudian melepas tendangan yang sempat mengenai Grzegorz Krychowiak. Bola pun tidak berhasil dijangkau oleh Fabianski.

Adu Penalti Warnai Portugal Semi Final

Skor 1-1 tidak berubah hingga 90 menit waktu normal pertandingan. Bahkan hingga dua babak tambahan waktu usai, Polandia dan Portugal masih belum bisa menceploskan gol. Laga pun harus berlanjut ke adu penalti. Ronaldo, Renato, Moutinho, dan Nani sukses mengecoh kiper Fabianski di adu tos-tosan ini.

Sementara di kubu Polandia, hanya tiga pemain yang berhasil mengeksekusi dengan baik. Penendang keempat Polandia, Jakub Blaszczykowski, tidak berhasil mengecoh Patricio. Akhirnya, Quaresma pun menjadi penentu kemenangan Portugal dengan tendangan keras ke arah kanan atas gawang Fabianski, meski sempat mengenai tangan kiper Polandia itu. Skor 5-3 pun menutup laga panjang itu. Portugal bakal menantang antara Wales atau Belgia di babak semi final.

Related Posts